Awal mula Buku Rangperang Laok

nampang di gerai nulisbuku.com

Akhirnya setelah ada ide dan waktu yang tepat, akhirnya aku dengan teman sekelompok KKN bisa mempunyai sebuah buku yang diterbitkan dan bisa dibaca oleh orang se-antero Indonesia. Ya, meski tidak setebal novel, tetapi jujur aku sangat senang bisa menerbitkan buku yang ditulis oleh 13 mahasiswa ini.

Rangperang Laok, sebuah judul buku yang juga sebuah nama desa kecil di kecamatan Proppo, kabupaten Pamekasan. Meski banyak yang mengkritik judul buku karena tidak menjual *katanya* namun aku lebih suka judul buku ini Rangperang Loak sesuai isi dari buku yang ditulis karena berawal dari tugas kuliah ini. jadi begini ceritanya *sambil singsingkan lengan baru*. Saat menjalani masa KKN, aku dan ke-12 teman kelompok yang lain dibagi beberapa kelompok untuk menyelesaikan tanggung jawab dan tugas selama berada di desa Rangperang Laok. Membuat buku monografi desa adalah salah satu tugas wajib dalam menjalani 27 hari masa KKN di pedalaman kabupaten Pamekasan.

Pada awal-awal KKN, wahyu alam (kordes) rajin posting blog tentang cerita selama menjalani hari demi hari di Rangperang Laok. Teman-teman dan aku melihat nya menulis. Kemudian disaat rapat, kami kebingungan. Kita ingin membuat sebuah kenang-kenangan untuk 13 anggota kelompok sehingga ketika kita melihat benda itu kita akan teringat kembali wajah-wajah ke-13 teman. Ide mulai kaos, vandel, sampai jaketpun sempat terlintas. Tetapi semuanya tidak ada yang cocok dihati. Kita ingin something different. “kita buat buku saja, itu adalah tulisan si kordes dan nanti ditambah tulisan dari kita” lontar Opank memecah keheningan ketika berpikir. “Oke, jadi begini. Silahkan setiap orang membuat sebuah artikel tentang kisah paling menarik selama KKN, kemudian di setor ke aku. Nanti aku yang menyusun jadi sebuah buku.” Sambutku. “iya betul, jadi nanti kita bisa membaca kisah-kisah selama KKN ini ketika sudah dewasa dan bisa dibaca anak-anak cucu kita” jawab Opang dengan bijak. Akhirnya kita sepakat membuat buku.

 

nampang euyy

nampang euyy

Di perjalanannya membuat buku aku teringat nulisbuku.com, selain bisa di cetak untuk ke-13 orang anggota kelompok, buku ini juga bisa dijual. Barangkali ada orang yang tertarik untuk membacanya. Buku ini menceritakan tentang monografi desa dan bagaiman kisah ke-13 mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura di desa terpencil nan indah, Rangperang laok,proppo,pamekasan – madura

Iklan

2 comments so far

  1. Supatrah on

    Bravo mas brow

  2. Supatrah on

    Bravooooo


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: