Archive for Februari, 2014|Monthly archive page

Madridista Pertama Yang Bikin Ku Tergila-gila

2008, saat tau namaku terdaftar di Universitas Trunojoyo Madura, Ibukku, wanita paling cerewet sedunia mencak-mencak. bukan karena gembira ato bangga, tapi karena tau anaknya akan kuliah di tempat paling angker dalam pikiran nya MADURA.
berbagi cerita mistis, angker dan serem dari berbagai sumber telah terpatri dan cukup menjadi referensi nya untuk berkata ” Hati-hati dengan orang madura, jgan banyak tingkah dan yang paling utama JANGAN SAMPAI JATUH CINTA DENGAN ORANG MADURA“.
Postingan ini menggambarkan sedikit bagaimana aku menjalani pantangan dan larangan ibukku. pantangan yang pertama dan yang kedua telah aku lalui dengan sempurna.. aku punya banyak teman, kawan dan sahabat orang-orang madura yang begitu baik, care dan kompak sama aku. pantangan yang kedua pun juga demikian, walau perjalanan ku dikampus tercinta ini dibumbui dengan menjadi seorang aktivis, tapi aku tidak pernah dicap jelek atau banyak tingkah selama dikampus.

Nah memasuki pantangan yang ketiga..
inilah alasan atau topik utama mengapa aku memposting tulisan ini.
pepatah mengatakan, cinta bisa datang tiba-tiba, kapan saja dan menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. cinta juga tak bisa dilogika.. dan cinta akan merontokkan prinsip, tembok tebal yang bernama batasan dan sifat kejantanan mu. yeah, that’s right..
aku pun juga gak habis pikir kenapa aku bisa sejauh itu mengenal cinta, mungkin ini adalah karma buat aku yang terlalu anti dan membenci sesuatu, tapi seiring berjalan nya waktu.. kalian semua akan mengerti dengan apa yang aku tulis sejauh ini.

Madridista, ini bukan tentang suporter salah satu club besar kebanggaan spanyol yang memegang piala champion terbanyak dan diperkuat 2 pemain hebat CR7 dan Gareth Bale lohh..
tapi Madridista disini adalah sebutan ku untuk penduduk Madrid.. sekali lagi bukan Madrid ibu kota spanyol. tapi Madrid = Madura Indonesia 😀

Bermula dari ospek fakultas tenik, PESONA 2011, sang aktivis bertindak sebagai Steering Commite (SC) dalam susunan kepanitiaan ospek yang bertugas memberikan sedikit motivasi dan angir segar kepada para maba yang abis disemprot, dicuci dan dikompres sama panitia bagian komdis. Beberapa kelompok sudah berlalu lalang menemui ku.. akhirnya berujung pada kelompok terakhir dari maba. terlihatlah satu bintang yang sedikit bersinar dengan suara lantang dan kritis diantara maba dalam kelompok tersebut yang mampu membuat pandangan ku terhenti beberapa detik. seperti biasa aku ajak berkenalan satu persatu semua maba dan tibalah saatnya aku tanya pada yang aku maksud bintang tadi.. ternyata dia anak Sumenep, Kalianget. Ujung pojok pulau madura yang masih sangat kental budaya ke-Madura-an nya dan juga masih banyak budaya tentang ilmu hitam termasuk santet, guna-guna atau kalo dalam bahasa jawa lintrik.
dan itu artinya dia bukan hanya Madridista biasa, tapi the dangerous Madridista. Lesu sudah hati ini, aku harus melupakan nya. haha

Seiring berjalan nya waktu, semua tak berjalan sesuai rencana. Madridista itu terus menghantui pikiranku.. apalagi waktu itu aku msih terbalut perasaan yang mendalam terhadap “salah satu penyesalan terbesarku” (lain cerita cinta) dan butuh suatu pelarian untuk memendam dan melupakan nya.
prinsip hanyalah sekedar prinsip, pantangan hanyalah pantangan, dan harga diri hanyalah harga diri.. setelah melalui proses pedekate singkat, aku pun memutuskan untuk mengarahkan lensa mata cupid ku untuk membidiknya sebagai obyek. kalo dilihat secara phisically, memang secara face dia tidak cantik, biasa saja, gk tinggi, gk putih dan secara body pun tidak membahenol.tapi aku gk tau juga kenapa aku bisa tergila-tergila. aku pun berpikir mungkin ketika kita telah menemukan tambatan hati, standar fisik yang tinggi pun akan sirna begitu saja.

dan di awal 2012, mimpi terliar yang tak pernah terlintas diangan-angan pun menjadi kenyataan. the war was began .
Ibukku menentang, bapakku melarang, teman-teman mengolok-olok ku, semua bilang “kamu termakan omongan“, “kamu kena karma“, “awas, ati-ati ntar perut mu isi becak” dan saat itu aku merasa kalo Dunia benar-benar mengutukku.
tapi aku memilih untuk tetap bertahan, terus berjuang dan berharap semua akan indah pada waktu nya.
ku lawan mereka, ku sering tengkar dengan orang tua-ku, ku diam kan hati dan logika ku yang terus bergejolak menentang nya. dan bisa dibilang kalau aku telah mengalami cinta buta yang kronis. atau mungkin aku telah di guna-guna. mengingat dia adalah salah satu member kawasan hitam, kalianget.

Oktober 2013.
Semua telah kulakukan, semua telah kuberikan dan apa yang aku punya juga telah ku korbankan. pernah suatu hari dia selingkuh pun aku maafkan, aku hadapi selingkuhan nya dengan jantan. dan apapun itu.. akan aku persembahkan untuk mempertahankan nya.
namun hasrat besarnya mengenai lelaki lain yang lebih tangguh, lebih ganteng dan bermotor lebih bagus dari motorku membuatku tertikung juga pada akhirnya. bukan karena aku melepasnya, tapi karena dia yang sampai hati melepasku.. meninggalkanku. disaat dunia mulai memihakku dan disaat perjuanganku hampir mencapai kemerdekaan…
Yahh mau gimana lagi?
Aku pun harus dengan sangat terpaksa mengikhlaskan nya walau sakit ini terus menggerogoti hati dan tak cukup 1,2,3 bulan untuk menyembuhkan nya.
dan sampai saat tulisan ini terposting, walaupun hati dan pikiran sudah yakin telah mampu moveOn 100%, tapi tak dapat dipungkiri, jika tak sengaja teringat tentang saat-saat bersama nya, sakit ini masih akan kembali menyeruak ke permukaan.

IMG_20130311_164238

I wish nothing but the best for her.
terimakasih sudah memberiku pengalaman terbaik, memberikan ku tau tentang arti perjuangan, arti melawan dunia. memberiku pengalaman bagaimana menjadi lelaki sejati yang fighting mempertahankan wanita yang dicintainya. 🙂

Ini ceritaku.. mana ceritamu?

Rumah Kedua dikampus, Garuda Biru TOFATEK

Semua berawal dari sini…

Lambang garuda biru

Lambang garuda biru

2008, aku yang culun tidak punya teman tidak kenal siapa2 sedang bingung untuk mengikuti UKM/UKMF apa yang nantinya yang akan aku ambil dikampus tercinta ini. mengingat saat ospek, bapak PD 3 saat itu yang nantinya jadi sahabatku juga, Bapak Kukuh Winarso mewajibkan seluruh mahasiswa baru untuk berperan aktif dalam organisasi kampus. karena (katanya) “buat apa kalian punya hardskill atau nilai akademik yang bagus jika tidak diimbangi dengan softskill yakni organisasi”. diteknik sendiri ada bermacam-macam UKMF saat itu, mulai dari ITC, TOFATEK, SOKET, LPM SAINT dan EECOM.

Pilihan pertama dari dalam hati sudah jelas, UKMF ITC.. ini merupakan UKMF Elit, bayarnya paling mahal dan kakak-kakak yang menggawangi pun gaya nya paling keren, professional dan terlihat sangat organisatoris. aku pun sangat tertarik dengan UKMF ini, mengingat UKMF ini adalah UKMF berbasis IT yang aku pikir nanti pasti sangat aku butuhkan dalam perjalananku selama 4tahun dikampus ini. Dan juga sikap organisatoris yang ditunjukkan kakak-kakak senior pasti akan sangan membantuku yang memang TIDAK PERNAH IKUT ORGANISASI sama sekali dari masa sekolah.

Sampai pada suatu ketika, seorang kakak kelas waktu SMA yang juga “kesasar” kuliah difakultas teknik UTM mengajakku bergabung ikut UKMF TOFATEK. bukan dengan alasan TOFATEK adalah UKMF yang bagus, akreditable atau apa, namun hanya karena NANTI DIKLATYA DILOMBANG, PANTAI PALING BAGUS se-MADURA. “lagian, bayarnya juga murah kok zi, cuman 50rb uda dapat semuanya, anggap aja jalan-jalan”. katanya waktu itu. siapa yang tidak tergoda hanya dengan uang 50rb bisa nyampe Pantai paling bagus dan paling indah se-Madura? tapi kenapa harus UKMF yang berbasis olahraga? aku kan tidak suka olahraga. futsal sih bisa sedikit, tapi hanya untuk menghormati teman yang ngajak -____- . setelah aku pikir panjang, Akhirnya aku pun ikut ajakan kakak kelas itu, dengan asumsi setelah diklat aku akan menghilang tanpa pernah aktif diUKMF tersebut. DEAL. 😀 Dan biar aku tidak sendirian “berwisata”, aku ajak juga teman 1Kontrakan, 1jurusan, 1kelas, teman pertamaku di UTM, Aqil Lubby. (Nanti aku ceritakan tentang anak ini dilain kesempatan)

Hari keberangkatan “jalan-jalan” pun tiba, sesuai dugaan, kakak-kakak senior TOFATEK sangat tidak meyakinkan dan sangat tidak mencerminkan gaya organisatoris sejati (dalam benakku). Aang Alif Ansori Ketua umumnya, Chamdan Mashury Sekretarisnya, Mamang khan korlap nya, Bahol Joshua Ketua Pelaksana “jalan-jalan” nya dan yang lain semuanya hampir sama. aku pikir hanya sekumpulan anak-anak yang suka main bola yang sok jadi atlet atau sok ber-organisasi. Gaya selengek’an, bercanda ngalor ngidul, ketawa terbahak-bahak dihadapan anak-anak maba. aaahh aku pikir mereka bukan senior yang baik, tapi gapapalah, aku kan niat awalnya cuman jalan-jalan, bukan ikut UKMF ini.

Dan tiba di Lombang semua kegetiran tentang UKMF yang aneh ini pun sirna dengan desiran ombak dan pasir pantai yang lembut agak kemerah-merah an khas tanah madura. ditambah dengan pohon cemara, cemara udang, yang didunia (katanya) hanya ada 1 pantai lain lagi selain Lombang yang ditumbuhi pohon cemara ini. mengingat cemara biasanya habitatnya dipegunungan, bukan dipantai. Dan memang sesuai yang dikatakan semua orang, pantai Lombang adalah pantai terindah yang pernah aku kunjungi. Pantainya bersih, terawat dan sangat alami karena memang masih “perawan”. karena masih jarang wisatawan domestik apalagi mancanegara yang mengunjungi pantai ini. orang bilang Pantai Kuta, Bali adalah Pantai paling indah? sudah saya pastikan kalo orang tersebut belom pernah mengunjungi pantai Lombang ini. 😀

lombang beach

lombang beach

setelah selesai “jalan-jalan”, setsuai niat diawal, aku pun langsung menghilang dari organisasi gak jelas ini. Dan aku akan fokus untuk UKMF ITC yang memang sudah menjadi mimpiku saat ospek fakultas teknik. tapi tak dinyana dan tak disangka-sangka, para senior yang professional yang pintar IT dan para organisatoris yang hebat itu tak pernah menganggapku. tak pernah mengkaderku dan tak pernah mengemongku. mereka malah menerapkan “hukum alam”, siapa yang kuat ya yang akan bertahan diOrganisasi ini. dalam hatiku, emang ini kompetisi gulat atau organisasi? penonton pun kecewa. 1 taun waktu dan pengabdianku disitu sia-sia -____-

bertolak belakang dari situ, TOFATEK dengan anak-anak gk jelas selalu menyambut, menyapa dan mengajakku dengan tangan terbuka walau aku uda jelas-jelas menghilang tak pernah aktif selama setahun. karena menyeberang ke tetangga sebelah. aku pun jadi sungkan untuk sekadar hadir karena merasa aku telah meninggalkan mereka. sebelum Aqiyas, temen yang nantinya jadi saudara terhebatku dikampus (aku akan bercerita diepisode selanjutnya tentang anak ini) mengajakku untuk bergabung kembali pada orang-orang gila. aku pun bergabung dan mereka menyambutku dengan tangan terbuka. dan dari sinilah petualanganku sebagai sang aktivis dimulai. sang aktivis terlahir disini sebelum beranjak ke panggung legislatif, eksekutif dan politik kampus yang sangat menantang adrenaline. hahaha 😀

Tim Olahraga Fakultas Teknik.. adalah organisasi keolahragaan ditingkat fakultas yang berlandaskan asas kekeluargaan, kekompakan dan persahabatan. berbagai prestasi telah terukir diatas lambang garuda biru ini. “garuda biru didadaku” dan “we never standing still” merupakan motto yang melekat dibendera dan tertancap dihati. Senior yang selalu tanggap, cakap dan bisa ngemong junior.. menguatkan yang lemah supaya sama-sama bisa bertahan, mau jemput bola ke bawah tak selalu menuggu umpan, dan ini membuatku aku nyaman sampai aku berganti status menjadi senior yang sukses mengemong adik-adik juniorku, mencetak kader-kader hebat selanjutnya dan sampai aku menjadi DPO, sampai aku menjadi demisioner, dan sampai aku selesai memakai Toga… hatiku masih dsini, diorganisasi ini. tak akan pernah aku lupakan kenangan ini. dan aku masih peduli, aku masih rutin hadir tiap mereka mengadakan diklat atau acara internal yang melibatkan alumni. 🙂

Dan sejak 2008, aku tak pernah alpha hadir ditiap kesempatan dalam diklat Organisasi ini :

Diklat 2008 Pantai Lombang Sumenep, Ketum Aang Alif Anshori

diklat lombang

Diklat 2009 Dlundung Mojokerto, Ketum Aang ALif Anshori

Diklat dlundung

Diklat 2010 Wonosari Malang, Ketum Chandra Is

diklat wonosari

Diklat 2011 Gunung Geger Bangkalan, Ketum Bagus Adi

diklat geger

Diklat 2012 Wonosalam Jombang, Ketum Bahrudin

2012-10-07 06.18.52

Diklat 2013 Dlundung Mojokerto, Ketum Satrio Agung

diklat dlundung 2

Dan pada akhirnya aku berharap semoga aku akan dapat terus hadir diacara diklat-diklat selanjutnya walau aku telah menyandang status alumni. seperti yang dilakukan senior-senior sebelum aku. amiiin 🙂

Akhirnya Sarjana….

Ini adalah Postingan keduaku ditahun permulaan segalanya,2014. postingan ini sedikit telat karena seharusnya telah terposting beberapa bulan yang lalu. tapi gapapa, berhubung aku 1taun terakhir males memegang blog, mengadopsi pepatah “lebih baik terlambat daripada sangat terlambat” aku posting saja buat menuh-menuhin blog ini.. klo kata orang jawa “ben gk suwung, ngkok dipanggoni setan,jin,genderuwo lan bolo krowo ne” 😀

2 Setan Kecil

2 Setan Kecil

Oke lets start.. sebelumnya aku tanya bagi kalian atau anda yang melihat foto diatas ini, bisakah kalian atau anda merasakan apa yang aku rasakan dalam foto itu? berapa persen kadar kebahagianku? bagi yang belom pernah memakai toga mungkin gk akan pernah bisa merasakan perasaanku yang sesungguhnya. hahaha tenang rekk, usaha seng temenan.. Insya Alloh toga sendirilah yang akan mencarimu untuk minta cepet-cepet dipake. semangat 😀

28 September 2013 @gedung cakra Universitas Trunojoyo Madura. Memakai toga pertama kali dan disaksikan orang tua yang duduk diujung pojok kursi undangan itu SANGAT LUAR BIASA….. !!!!! walau ortuku tidak duduk dikursi undangan kehormatan.

Tak kuasa menahan tangis haru mataku saat mereka menyapaku, menghampiriku dan mengucapkan selamat. ku peluk bapak juara 1 seluruh dunia, yang selalu support dan mengingatkanku akan kehidupan dengan gaya nya yang sok parlente.. tak lupa pula ibuk paling cerewet yang selalu mendoakanku dalam setiap hembusan nafasnya… dan dua setan kecil yang selalu bikin gara-gara denganku pas dirumah, namun sangat menginspirasiku. :’)
bukan tanpa alasan kenapa aku bertingkah luar biasa dan mungkin sedikit lebay, mengingat perjuangan kerasku untuk me-LOLOS-kan diriku dari kampus yang super kejam dan ketat dalam menyatakan bahwa mahasiswanya LOLOOOS.. (ingat, LOLOS ya bukan LULUS.. klo LULUS hanya untuk mahasiswa yang benar-benar pinter dan selesai tepat waktu)
mungkin nanti akan aku ulas dalam tulisan yang lain tentang perjuanganku MELOLOSKAN DIRI dari TUGAS AKHIR yang sangat menyesatkan:D

Nah, setelah tangis-tangisan haru, brfoto ria dan bersuka cita sesaat.. tanpa tahu setelah LOLOS ini mau kemana, aku se-keluarga pun pulang.. dan alangkah bahagia dan terkejutnya diriku dan orang tua ku melihat foto dibawah ini :

Banner sang aktivis

Banner sang aktivis

Bisakah kalian lihat dan mengidentifikasi foto siapa yang berada ditengah-tengah dan memegang piala? “keren, anaknya lulus dibuatkan banner” (awalnya). tapi saat setelah baca tulisan diatasnya “KADER AKTIVIS” ya aktivis, wajah mereka berubah merah padam dan mengernyitkan dahi. Karena anaknya yang keren ini telah dicap sebagai seorang aktivis.. karna berdasarkan pengetahuan kedua orang tua ku aktivis itu selalu identik dengan anak nakal. karena pas mereka lihat ditelevisi yang dipertontonkan adalah selalu mahasiswa aktivis yang demo, bakar-bakar, pengerusakan, pengeroyokan dll. kolot banget kan? -____-
maklumlah mereka hanya lulusan SMA dari kawasan tambak daerah pedesaan pinggiran kota sidoarjo.
apalagi sudah ditambah dengan tulisan “terima kasih kepada bapak kaprodi, dekan, rektor atas diluluskan nya” jadi seolah kayak ke-LOLOS-an ku ini sebagai hasil lobbi-lobbi. -___-
Namun, setelah aku jelaskan secara panjang lebar sampai mulut ini berbusa-busa, mereka akhirnya percaya denganku dan bangga dengan apa itu aktivis. #legaaaaa…

Dan usut punya usut, banner ini adalah persembahan Bapak PD 3 terbaik sekaligus Bapak angkatku selama dikampus yang sekarang sudah menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik, Bpk. Dr. rachmad Hidayat, M.T. bersama adek dan kader terbaikkku saudara Khairun Nurul Anam gubernur BEM-FT 2013.. suwun pakk, aku ucapkan terimakasih sudah dibuatkan banner, bikin surprise kepada keluargaku.. dan pada akhirnya Aku katakan kalo AKU BANGGA PERNAH HIDUP DAN MENJADI BAGIAN DARI KELUARGA BESAR FAKULTAS TEKNIK UTM 🙂

2014, life’s started here

2014-Numbers-Happy-2014-Wallpaper-New-Year-Image

Ini adalah awal taun 2014.. Awal dari taun yang aku akan memulai semuanya. yang pertama dan yang paling utama adalah menentukan pilihan masa depan dengan menjatuhkan pilihan yang terbaik yang akan aku ambil. antara PASCASARJANA dan BERKARIR. aku orang nya gak mau setengah-setengah. kalo kerja ya kerja, klo pasca ya pasca. dan keduanya membutuhkan usaha dan tantangan yang luar biasa berat. MISALNYA, aku menjatuhkan pilihan pada KERJA/KARIR. berapa banyak pesaing yang akan aku hadapi jika aku mencari pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan bidang minat dan ijazah ku cukk? tapi kalao hanya utk mengejar gaji UMR (maksimal) dan kerja kasaran sih atau dalam bahasa jawa nya “angger kerja” sih gampang.. tinggal masuk pabrik, beres. tp masak sarjana s1 jurusan teknik informatika dari universitas terkemuka (UTM) MABRIK? -_____- Selanjutnya adalah PASCASARJANA. orang tua sudah mendeklarasikan bahwa “monggo nak kuliah maneh, tapi golek’o biaya dewe.. bapak/ibuk mek sanggup nyangoni uripmu tok, gk isok biaya’i kuliah”. dilema? iya. berarti aku harus cari BEASISWA.. dan beasiswa tantangan nya juga sangat luar biasa. yang dites, yang harus nyiapin berkas ini, itu.. aku tidak boleh menyerah, memang semuanya sulit dan selalu ada tantangan. hmmm, jadi berfikir kalo didunia ini mungkin yang mudah paling cuman tidur dan buang air 😀 Belajar bahasa inggris ke Pare sudah aku lalui. usaha yang lain juga masih dalam proses. tapi aku akan selalu berusaha dan berdoa untuk menggapainya kalo ini memang adalah pilihan terbaikku 🙂

Yang kedua yang akan kumulai dan yang paling rawan adalah ASMARA. yaaa.. lebih tepatnya lagi cinta. “kita bisa menentukan dengan siapa kita menikah, tapi kita tidak akan bisa menentukan siapa yang akan kita cintai – mbah sudjiwotedjo”. bukan masalah utama tapi juga bisa berakibat fatal kalau disepelekan. AKhir taun 2013 lalu lebih tepatnya pada bulan OKTOBER, pacar yang sudah bersamaku selama hampir 2taun yang telah aku perjuangan dengan penuh pengorbanan tiada tara telah meninggalkanku.. Tanpa alasan dan tanpa ada permasalahan dia tiba-tiba meninggalkanku begitu saja. dan usut punya usut ternyata alasan nya adalah orang lain yang (katanya) mirip artis barat, Tsam Sui dan lebih ganteng dari aku. motornya juga lebih keren dari motorku.. (sebagai anak petani tambak dan pedagang telor, motorku cuman vario kuno. :D). STOP ah sesi curhatnya isin aku. haha. *lanjut* Dan setelah melalu masa iddah, atau bahasa gaulnya moveOn plus bergalau ria yang berkepanjangan, ditahun 2014 ini adalah awal ku untuk memulai mencari seorang wanita yang kelak akan menengadahkan kepala nya satu shaf dibelakangku. gak usah muluk-muluk, yang penting bisa bikin aku tertarik & dapat menerima aku yang jelek, item, dekil, kurus, pendek, jenggotan, anak tambak’an dan bermotor kuno ini APA ADANYA. 🙂

Yang ketiga ditaun 2014 ini adalah awal aku memulai kehidupan baru ku. ya, kini aku adalah manusia sepenuhnya. lepas dari kampus dan lolos dari predikat mahasiswa, aku akan berusaha utk mandiri. tidak jajan atau menggantungkan hidupku pada orang tua.

Yang Keempat, aku akan menata kembali kehidupanku yang telak porak poranda taun sebelumnya, masa-masa sebagai mahasiswa telah usai begitu juga dengan sikap, sifat dan watak mahasiswaku. cinta sebelumnya juga telah usai, moveOn sudah kulalui. termasuk juga masa-masa kelam dan kekhilafan-kekhilafan yang menimpaku ditaun 2013 lalu. sekarang aku akan menjadi pribadi yang jauh baik dari taun kemarin. ini janjiku.

Dan yang terakhir, aku bersemangat untuk ngeblog lagi !!! oke ini adalah awal dari postinganku yang akan memulai postingan-postingan selanjutnya #doakan 😀