Pengalaman Tes OMT PT. Surya Madistrindo , Distributor Gudang Garam

OMT.. Operation Management Talent,
atau yang akrab ditelinga masyarakat adalah sales rokok keliling dari outlet ke outlet.
ya, dari sinilah awal perkenalan ane dengan perusahaan tembakau. apa itu sales? gimana kerjaan nya? seperti apa marketing nya? dan yang paling penting, berapa gaji + tunjangan-tunjangan & jenjang karir nya. πŸ™‚

67982693_540a7d8aad72a

Jika sebagian besar masyarakat ilfeel, mengernyitkan dahi dan bahkan merasa amit-amit klo dengar kata sales, apalagi ditawari kerjaan sebagai seorang sales,
mulai saat ini & setelah baca tulisan ini, ane harap supaya kalian membuang mindset itu jauh-jauh.. & juga singkirkanlah ke laut sedalam-dalam nya πŸ˜€
karena gk semua sales itu kerjaan nya (maaf) hina, sussah nyusahin & bikin ilfeel.. ingat, sales yang seperti apa dulu?
awalnya, sebagai jobless yang teramat parah, ane iseng-iseng naruh lamaran kerja saat ikutan jobfair d Jatim Xpo Surabaya d PT. Surya Madistrindo, ane aja gk tau apa itu perusahaan, bergerak dibidang apa & kyak gimana. yang penting naruh, ane masuk dalam kualifikasi nya & print2 an lamaran kerja ane abiss semua. πŸ˜€
nanggung kan, masak bayar tiket jobfair mahal-mahal *25rb* & ngprint surat lamaran ngehabisin banyak duit tp sia-sia msih tersisa gk dihabisin? πŸ˜€

beberapa hari kemudian, ibu Jessica dari surya madistrindo pun memanggil ane via phone utk mengikuti tes tulis yang dijadwalkan pada hari senin 25 Agustus 2014 jam 08.00 dikantor regional PT surya madistrindo waru sidoarjo.
sebelum nya, ane juga msih menunggu 2pengumuman, yg mana 1 dari indosat setelah tes interview tgl 17 Agustus 2014 lalu (ada dicerita sebelumnya) dan juga pengumuman hasil mengikuti “audisi” di PT. Sophanusa, yakni produsen batu bata ringan, yang telah dilaksanakan 2hari sebelumnya (yang ini kagak perlu ane ceritain). hhehehhehe
oiya, perlu kalian catat pepatah pelajaran ini, “sebelum janur kuning melengkung tanda tangan kontrak hitam diatas putih dengan suatu perusahaan, semua masih terserah kita”, artinya jangan mudah terkena PHP. banyak orang yang sudah melayang tinggi karena terlalu yakin bahwasanya sudah akan keterima di perusahaan A, eh nyatanya gak jadi ketrima, padahal sudah gk nyari lowongan2 lain nya, ato bahkan sudah menolak perusahaan lain karena menilai kalah worth dengan perusahaan yang diharapkan.
karena sebelumnya ane pernah punya pengalaman menolak panggilan interview dari PT Siantar Top, PT Agrindo, PT Hisamitsu dll karena terlalu yakin berharap keterima diperusahaan yg lain, ehhh ujung2 nya cuman PHP. dan sampe tulisan ini dimuat, ane masih jomblo pengacara alias pengangguran banyak acara -_-

Senin, 25 Agustus 2014
oke waktu yang dijadwalkan pun tiba dengan cepatnya. berbekal sedikit pengetahuan dari kaskus bahwasanya ternyata PT. Surya Madistrindo adalah anak perusahaan & distributor tunggal dr PT. Gudang Garam *terimakasih kaskus*. mata ane pun langsung berbinar dan semangat langsung membumbung tinggi. karena siapapun tahu apa itu & seperti apa gudang garam, produsen rokok terbesar di indonesia dengan markas besar nya di Kediri dan mayoritas masyarakat kediri menggantungkan hidupnya disini. worth banget kan klo ane bisa gabung dan berkontribusi disini?
dan kebetulan sohib plek ane dari balita, si bajay, yang sama2 naruh lamaran pas jobfair ternyata kepanggil juga buat ikutan tes.. cihuuuyy ada barengan yang artinya nanti bisa kerja sama saat ngerjain tes πŸ˜€
jam 07.00, kami berdua pun berangkat menuju kantor PT. Surya Madistrindo, tepat disamping kantor & pabrik PT Gudang Garam yang khusus memproduksi kemasan di depan terminal purabaya, ato lebih dikenal dg terminal bungurasih surabaya (padahal secara geografis letaknya di sidoarjo -_-) dan sempat nyasar juga sih ke kantornya GG, tapi sama satpam nya langsung diarahkan k kantor sebelah klo mau ke PT. Surya Madistrindo. karena yang ane tau dari jaman masih sekolah dulu dan kebetulan ada d jalanan PP ane adalah kantor & pabrik Gudang Garam yang ada disitu yang sudah sangat besar dan mewah. kagak tau klo anak perusahaan aka distributor nya, punya kantor sendiri yang berdampingan dan sama2 mewah πŸ˜€

sampai ditempat, kami dibuat menunggu di lobby, dan disitu sudah ada lumayan banyak peserta, sekitar 40an manusia yang sama2 sedang menunggu ekseskusi. dan jam 09.00 baru ada panggilan bareng2 untuk memasuki ruangan dan mengikuti tes. selalu molor *indonesia*.
dengan dipandu oleh mbak2 cantik bergigi gingsul, berkulit kuning langsat dan berambut lurus dan sedikit pirang kami memasuki ruangan dan dipersilahkan mengisi tempat duduk yang ada.
awalnya ane kaget, disetiap meja, ada asbak bekas rokok. ni orang2 pegawai perusahaan kok bego banget, masak rokokan diruang ber-AC dan bego nya lagi, malah difasilitasi, disediain asbak -_-
setelah semua duduk, tenang, aman, tentram dan damai, mbak pemandu yang cantik tadi langsung memperkenalkan diri. ternyata nama nya ibu Jessica. Ibu jessica? yang telp manggil tes kapan hari? tau gitu kapan hari ane ajakin ngobrol lama pas telpon -_- lagian doi sih, cantik-cantik minta dipanggil Ibu. hmmmmm
kemudian dia ngejelasin beberapa hal, termasuk apa itu PT. Surya Madistrindo, hubungan nya dengan GG, sekilas tentang OMT, admin & sedikit keuntungan jika kami join dan ketrima disini. termasuk gaji dan tunjangan2 nya yang katanya besar banget untuk fresh graduated tapi tanpa menyebut nominal -_-
dan yang bikin ane tercengang dan makin tertarik adalah peraturan di PT. Surya Madistrindo yang membebaskan pekerja dalam hal gaya berpakaian tak perlu rapi apalagi berdasi, bercelana jeans, bersepatu kets, dan jawaban keanehan ane tentang rokok tadi, bahwasanya silahkan anda merokok kapanpun, didepan siapapun, dimanapun disetiap sudut ruangan ini, asal rokoknya adalah rokok GG, selain GG, HARAM. πŸ˜€

selang beberapa saat kemudian, tes pun dimulai, ane duduk tepat disamping bajay dengan harapan nanti bisa saling nyontek πŸ˜€
peraturan tes pun dijelaskan, ada tiga macam sub soal di tes tulis ini. yang pertama adalah deret angka, kita harus melanjutkan deretan angka selanjutnya. yang kedua adalah soal cerita matematika, ini yang agak sussah dan d perbolehkan corat-coret di belakang lembar jawaban. dan yang terakhir adalah verbal, tentang kata2 yang paling dekat kegunaan nya, bisa antonim maupun sinonim. dan yang terakhir ini adalah pilihan ganda.
tiap sub soal terdapat 20 soal dan lama pengerjaan adalah 30menit dan hasilnya nanti akan langsung diumumkan.

selang beberapa saat menunggu, sekitar setengah jam’an paling ya, hasilnya pun benar-benar diumumkan. deg-deg serr siiihh.. kyak malam eliminasi audisi idol πŸ˜€
satu per satu nama disebutkan, dan nama ane pun akhirnya disebut juga,namun di urutan terakhir karena setelah nama ane disebut, dibelakang ane sudah tak ada nama lagi. yang artinya temen ane si bajay kagak masuk. 😦 padahal dari awal pengerjaan sampai akhir, ane selalu bercontek ria bareng doi, kebayang kan betapa nyesek nya dia liat ane masuk tapi dia enggak? :O
para kandidat yang lolos, yakni 7 orang diminta untuk tetap ditempat karena setelah itu akan diadakan briefing sejenak, dan bagi kandidat yang tidak lolos d persilahkan untuk meninggalkan tempat, pulang dengan hati-hati dijalan dan diucapkan terimakasih karena sudah berpartisipasi.

briefing pun dimulai. masih dipandu oleh Ibu si cantik Jessica, dia menjelaskan informasi2 lanjutan yang lebih spesifik yang tadi tak sempat dia bahas karena informasi ini khusus bagi yang sudah lolos tes.
jadi intinya,
1. OMT itu sales. tapi sales yang gimana dulu? kembali ke tulisan pertama ane diatas tadi, OMT adalah bukan sales sembarangan, iya sih kerjaan nya emang keliweran dari outlet ke outlet. tapi bukan untuk menawarkan produk demi produk dengan harapan laku dan dapat bonus tapi jika laku tidak ada gaji ato bonus. ITU SALAH BESAR. kerjaan OMT adalah TMC = Topping Up, Merchandiser dan Canvasser. klo dijelason satu persatu akan memakan waktu lama ya? hehe oke intinya adalah mengontrol pendistribusian barang/produk/stok yang ada di outlet retail dan membenahi jika ada kekurangan2. klo menjual? iya, tapi hanya sekedar melengkapi jika stok yang di outlet habis.
2. Income. salary, benefit, tunjangan dll. katanya sih untuk salary gross paling sedikit 3jt. dan tunjangan 25rb untu makan, 25rb untuk bensin dan perawatan motor (jika bawa motor sendiri). bonus penjualan per kwartal, dihitung berdasarkan kinerja tim, bukan individu. tunjangan rawat inap, rawat jalan, dan jika sakit smua biaya akan dicover perusahaan. plus THR dan bonus akhir tahun. wooow πŸ˜€
3. Karyawan tetap. akan didapat setelah 3bulan menjalani masa probation. dan diakhiri dengan presentasi dari apa yang didapat selama masa probation tersebut dan dinilai. jika dinilai layak maka akan otomatis jadi karyawan tetap dan tentu saja income juga akan dinaikkan. :O
4. step selanjutnya apa aja? a. tandem dilapangan selama 3hari tanpa kompensasi dan bayaran. apaitu tandem? intinya katanya sih hanya pengenalan lapangan, seperti apa sih kerjaan sales OMT itu? biar gk nyesel klo uda kadung join tp ternyata kagak cocok dgn ni kerjaan, jd wasting time kan? dan klo merasa gk cocok silahkan untuk menghubungi kami untuk mengundurkan diri. karena habis tandem akan langsung dapat jadwal untuk wawancara, jd tandem tidak menentukan lulus gak nya kandidat (ntar ane ulas ditulisan selanjutnya) b.interview hrd c.interview user d.medical check up. masih banyak ya ternyata 😦
5. kemudian diminta untuk mengisi kuisioner dan data diri, lalu diserahkan dan untuk pengumuman mengikuti tandem lapangan akan dikabari via telpon.

Iklan

1 comment so far

  1. […] hari setelah ane lolos tes tulis OMT PT. Surya Madistrindo (ada dicerita sebelumnya), telpon ane berdering menerima panggilan lagi dari ibu Jessica dari PT. Surya Madistrindo yang […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: