Tandem Lapangan OMT PT. Surya Madistrindo , Distributor Gudang Garam

Beberapa hari setelah ane lolos tes tulis OMT PT. Surya Madistrindo (ada dicerita sebelumnya), telpon ane berdering menerima panggilan lagi dari ibu Jessica dari PT. Surya Madistrindo yang mengkabari bahwa jadwal tandem telah keluar, yakni pada hari kamis, 28-Agustus-2014. jam stengah 8 dikantor PT. Surya Madistrindo dengan menghubungi bapak terry yang terhormat.

jika anda belom tahu tandem itu apa, oke ane review dikit. tandem adalah kegiatan turun langsung ke lapangan untuk mengetahui bahwasanya kerjaan sales OMT itu seperti apa dan bagaimana, dengan mengikuti sales senior sudah yang bekerja di PT. Surya Madistrindo selama bertahun-tahun. tandem disini tidak ada kompensasi, tidak ada gaji dan tidak ada makan siang. akan dilaksanakan 2-3hari (tergantung sikon) dan tandem, tak menentukan gagal/lolos nya peserta. karena setelah mengikuti tandem akan langsung dihubungi untuk interview HRD. nah, disinilah yang akan me-review saat tandem dilapangan dan yang akan menentukan apakah ane lolos ke step selanjutnya (interview user), ato malah gagal. maklumlah, masak tandem uda biaya sendiri, ada apa2 ditanggung sendiri, masak ya digagalkan? (katanya sih) hehehehe………

oke kembali ke alur cerita sebelumnya ya..
jadi yang lolos saat ikutan tes tulis angkatan ane ada 7 orang, tapi yang ikutan tandem “cuman” 4orang. itupun yang 1orang langsung mengundurkan diri saat hari pertama, hanya dapet stengah hari tapi langsung kabur karena kagak kuat dengan capek nya kerjaan yang muter-muter keliling dari outlet ke outlet naik motor. (kata sales senior yang bimbing dia sih gitu) πŸ˜€
dan mungkin itu juga yang terjadi pada 3orang lainnya yang sama2 lolos tes tulis tapi kagak ikutan tandem, karena tahu nantinya kerjaan nya seperti apa.
tapi kalo buat ane, yang emang pada dasarnya bukan anak manja dan sudah dididik dengan keras sejak kecil, kerjaan apapun asal halal dan kagak bikin sussah orang lain , tak masalah dan ane siap ngejabanin nya dengan segala daya dan upaya πŸ˜€

hari pertama pun dimulai,
pak terry, yg ternyata adalah HRD kantor AO Surabaya menaruh ane di jajaran team nya salah seorang asisten supervisior, bapak dhani. dan dari bapak dhani, ane dititipin pada mas bara, seorang sales senior ato bisa dibilang paling senior. karena sudah bekerja disana sejak sebelum PT. Surya Madistrindo ada. dia mulai awal bekerja, saat distributor gudang garam masih dipegang oleh PT apa gitu , lupa namanya.. masih pihak ketiga alias outsorsing. jadi dia sangat paham betul dengan ini kerjaan. dalam hati, ane senang banget dpt orang yang bener2 berpengalaman, bisa cepat belajar nih. hehehe
mendapatkan route didaerah tanggulangin, sidoarjo yang berbatasan langsung dengan fenomena semburan lumpur lapindo yang sempat menggegerkan indonesia, bahkan dunia. kami dibekali sebuah mobil box merah dengan brand GG mild. karena aturan di PT. Surya Madistrindo, bahwasanya yang kebagian route jarak jauh akan naik mobil dan yang kebagian route dekat dengan kantor akan naik motor yang dibekali 2 kotak box kanan-kiri yang diikatkan disamping sadel jok motor. dalam hati, alhamdulillah gak seberapa panas karena naik mobil πŸ˜€

jadi kerjaan nya dilapangan yang pertama kali dilakukan saat nyampe outlet adalah mengkontrol produk yang dietalase. ngapain aja & apanya yang dikontrol? gak usah dujelaskan ya.. karena kayaknya itu privasi perusahaan πŸ˜€
kami dbekali dengan callshet, sebagai bahan laporan nantinya dan akan direkap.
selanjutnya adalah order, yakni menawarkan produk kepada si empunya toko, barangkali mau beli jika stok nya habis ato nambah jika stok nya kurang. tentunya dengan harga dan produk-produk yang kami siapkan dari gudang saat akan berangkat bekerja mengitari outlet demi outlet yang rute nya telah ditentukan dalam callshet.
jika sudah selesai, seandainya dioutlet belom ada banner/spanduk/stiker, kami wajib untuk menawari pemasangan sebagai bahan promosi. hehehe
lalu lanjut ke outlet demi outlet lainnya sampai habis daftar outlet yang telah disediakan dalam callshet. sehari ada sekitar 35-40 outlet. tapi klo khusus hari sabtu, karena masuknya stengah hari, jadi dipangkas hanya 20-25 saja.
dan setelah dari lapangan, kembali ke kantor, langsung ke gudang ngembaliin sisa produk yang kagak laku. kemudian merekap hasil penjualan, merekap laporan dan dimasukkan dalam data dikomputer. dan tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 18.00
katanya sih emang rata-rata tiap hari kurang lebih pulang jam segitu. ane pun juga, saat kamis-jumat pulang nya sekitar jam sgitu dan pas hari sabtu, karena cuman setengah hari, jadinya cuman pulang jam 3 πŸ˜€
jadi klo menurut ane sih, sesuai lah dengan income & benefit yang diterima. kerja nya sussah butuh dayay, upaya dan energi gede, pulang nya malem, jam kerja 10-11jam kurang lebih tp income & benefitnya gede. hhehehe

sampai pada hari senin..
ternyata belom ada kabar lanjutan.. padahal saat itu, 2 kandidat yang ikutan tandem bareng ane ngabarin via sms klo sudah dapat kabar untuk interview pada hari selasa. lah ane kapan?
ane tunggu sampai sore, sampai malem blom ada kabar juga. lah gimana sih PT. Surya Madistrindo ini?
besoknya ane sms.in si barengan tandem ane, ttg interview, katanya jadi & ditanyain seputar tandem dan kesiapan untuk bekerja keras dilapangan.
lah ane kok msih blom juga dpt kabar?
2,3 hari sampailah pada hari jumat, ane telpon balik tuh si kantor PT. Surya Madistrindo, nanyain kenapa ane blom juga dapet kabar, sementara barengan ane yang sama-sama ikutan tandem sampai selesai jadwal uda selesai.. mereka cuman jawab tunggu aja mas sampe 2minggu.
lah tapi kan kalian sudah janji?
stelah tandem langsung dihubungi lagi untuk interview.
apa salah ane?
ane uda mati-mati an nyempetin ngeluangin waktu 3hari ikutan tandem dengan biaya sendiri dan kompensasi sendiri.. belajar keras juga sudah, buat jaga-jaga saat dipanggil interview. uda ngomong kemana-mana juga kalo bakalan kerja di GG karena uda ikut tandem dilapangan.
tapi kenapa kenapa dan kenapa?
2minggu, 3minggu, 4minggu hingga tulisan ini dimuat, kabar itu tak kunjung datang tanpa ada konfirmasi apapun dar PT. Surya Madistrindo. padahal ane uda berjuang & berusaha keras..
setidaknya konfirmasi lah.. walaupun pada akhirnya tetap gk terima alias gagal.
kan kalian uda janji. 😦

6 comments so far

  1. […] jadwal untuk wawancara, jd tandem tidak menentukan lulus gak nya kandidat (ntar ane ulas ditulisan selanjutnya) b.interview hrd c.interview user d.medical check up. masih banyak ya ternyata 😦 5. kemudian […]

  2. noname on

    Terus sampe sekaran belum dapet kabar juga gan ane besok ada test PDP GG di Bandung.. khawatirnya sama ni kejadian

  3. g45h on

    nasib ente kok sama kaya ane gan
    ane tandem bulan september kmren
    dari pihak SM cabang katanya lolos n disuruh nunggu keputusan pusat
    tapi sampe skrng belum ada kabar padahal udah jalan 1bln 1minggu
    dlu mikir ane, mungkin nunggu stabilx politik setelah jokowi dilantik baru ada panggilan
    tapi pas baca pengalaman ente kok rasanya panantian ane bakal sia2

    • vanzimi on

      SM cabang mana gan?
      ane juga gk tau gan apa prtimbangan mreka..
      smpe skg agan blom ada panggilan brarti?
      smbil cari lowongan lain aja gan

  4. g45h on

    cabang bojonegoro
    sampe sekarang belum ada konfirmasi dr GG
    sampe ane dah dapet kerjaan laen
    masa cabang sama pusat alirannya gak sepaham?


Tinggalkan Balasan

