Archive for the ‘cemara udang. kkn rangperang laok’ Tag

Perjalanan Menuju Pantai Lombang , Pantai Kuta-nya Madura

ini sebenarnya adalah cerita lama, cerita saat melewati salah satu masa-masa kuliah, yakni masa KKN, Kuliah Kerja Nyantai :D, di Proppo, Pamekasan. salah satu kabupaten di salah satu pulau tereksotis di Indonesia, Madura 😀 tapi ini pantai jauh dari tempat ane KKN, pantai ini letaknya di SUMENEP. cerita ini pada awalnya mau disertakan dalam perancangan buku KKN, Rangperang Laok, terbitan nulisbuku.com tapi berhubung dirasa kurang menarik dan gk nyambung dengan tema awal KKN, maka cerita ini gk jadi ngeksis. 😀
oke biar gk banyak cincong, monggo disimak gan haha

100_0370

22.30 malam minggu……
Malam itu kami,sebagian kecil dari prajurit kelompok 14 KKN berencana untuk menjadikan besok minggu,12 Februari 2012 sebagai hari melepas kepenatan selama masa perjuangan KKN untuk touring ke pantai lombang,sumenep. Dalam hati saya,ternyata KKN ada liburan nya juga. Sungguh tak se-horor yang ku bayangkan sebelum-sebelumnya tentang apa itu KKN, benar kurasa apa pesan dari kakak-kakak senior waktu itu kalau KKN sebenarnya adalah Kuliah Kerja Nyantai. Intinya 1,yang penting kompak dan proker berjalan,semua beres. Lebih-lebih kalau menemukan cinlok dalam masa-masa itu, maka KKN ada akan sempurna ( tapi untuk cinlok,alhmdulillah saya pribadi tidak bisa terjerat. Hehehe)

Tentang pantai lombang….
Pantai Lombang,pantai utara di ujung timur pulau madura didaerah sumenep. Sungguh elok pantai itu, dengan pasir merah yang lembut dikaki dan dihiasi dengan rindang nya pohon cemara . Ini lah unik nya pantai ini, pohon cemara yang biasanya tumbuh dan berkembang didataran pegunungan,namun disana kita dapat menjumpainya ditepi pantai yang lazimnya gersang dan hanya ditumbuhi pohon kelapa atau hutan mangrove saja. Dan menurut artikel yang pernah saya temukan di suatu situs di internet, pantai cemara di dunia hanya dapat ditemukan di dua tempat,salah satunya pantai lombang ini. Bisa dibayangkan bagaimana keindahan dan daya tarik pantai ini.

Sejarah lombang bagi ku……
selain daya tarik kemolekan nya yang saya sebutkan diatas, pantai itu juga mengandung sejarah yang besar bagi diriku pribadi karena disanalah awal mula kehidupan ku sebagai seorang aktivis kampus dimulai. Ya, UKMF TOFATEK, disitulah ku mulai mengepakkan sayap dan bersumpah setia untuk terus aktif dan berkarir sebagai anggota yang totalitas,loyalitas tanpa batas yang ditekan kan para senior waktu itu. Karena keindahan dan lukisan sejarah pantai itu bagi TOFATEK Sehingga muncul istilah yang terkenal saat diklat, TOFATEK merindukan lombang. Dan pada akhirnya,ku jawab rindu itu setelah 4 tahun kemudian bertepatan juga saat KKN di Pamekasan saat ini. It’s perfect.

08.00…..
Kembali ke alur cerita. Pagi itu pak kordes,wahyu alam, mengajak kami personil kelompok 14 untuk rapat internal KKN di langgar yang biasa kami gunakan untuk nongkrong dan sebagainya bersama pemuda desa. Pak kordes pun menekankan agar kita semua giat dan on fire untuk menyelesaikan beberapa proker yang masih menjadi hutang kami selama KKN. Setelah menyusun beberapa agenda penyelesaian, akhirnya kami memutuskan hari minggu ini di isi sebagai hari libur,refreshing sebelum berperang dihari-hari berikutnya. dan izin dari kordes pun kami dapat tuk ke lombang biarpun agak berat dia melepas kami.

10.30…..
5 motor pun kami siapkan tuk berangkat kesana yang mengangkut di setiap motornya, Saya dan sirat, andree dan adit, umam dan andi, lorah dan istrinya,risa, lalu opang bersama pacar dan adiknya,sungguh nekat anak ini menurut batinku, mau membawa 3 kepala dalam 1 motor menuju sumenep yang jauh,panas dan selalu bertebaran para polisi disetiap sudut jalan nya. Pak kordes pun nelangsa, sebenarnya dia ingin sekali ikut bersama kami,namun apa daya motor tak ada. Dengan wajah memelas dan pasrah dia pun mengalah dan bersedia menjadi satpam di markas. sungguh kasihan, dalam batin ku,tidak tega rasanya hatiku saat itu melihat raut muka nya pak kordes. Ckckckckckkck……

11.30….
Di tengah perjalan banyak sekali cobaan dan rintangan tuk menuju kesana. Aku minta teman-teman untuk mampir dulu di desa ponteh,galis. Posko salah satu sahabat ku melaksanakan KKN juga untuk meminjam uang 100rb. Bisa dimaklumi,uang saya sudah mulai menampakkan tanda-tanda kehabisan karena selama lebih dari 2minggu hanya membawa bekal saku secukupnya. Ok next, Sesampainya di ponteh rombongan kami sudah tercerai berai. Yang pada awalnya 5 motor, tersisa hanya 3 motor. Andre,adit,opang, adik dan pacarnya kemana. Umam dan lorah pun jadi sibuk untuk menghubungi mereka yang hilang tak karuan. Lama tak ada jawaban, kami pun merasa frustasi dan sempat ada sedikit per-cek-cok an silang pendapat,ada yang merasa kami telah di tinggal jauh sama mereka, mereka tidak ada kekompakan,dll. maklum motor yang mereka gunakan adalah motor-motor yang dapat di pacu dengan kecepatan tinggi. Tak berselang lama setelah kami berdebat,si andre,salah satu dari anak hilang menghubungi kami dan mengatakan kalau dia masih di jalanan kota Pamekasan karena juga menunggu Opang bersama pacar dan adiknya yang sibuk saling kejar-kejar an dengan polisi kota. Akhirnya, kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan dan janjian ketemuan di salah satu pantai di Pamekasan, pantai Talang Siring.

12.00….
Sampai di Pantai Talang siring, salah satu pantai unggulan di daerah Pamekasan, lorah beserta istri mengundurkan diri dari perjalanan karena ada suatu permasalahan diantara mereka (cieeee…). Dan kami pun menunggu opang. Opang yang tak kunjung datang, (ditelpon gk bisa, disms gk dbales apa sih maumu? Bukak sitik joss.. haha kok jdi nyanyi dangdutan? 😀 ) akhirnya menghubungi duluan dengan menelpon adit dan meminta maaf yang sebesar-besarnya karena adeknya pacar nya, atau bahasa gaul nya calon adek iparnya ngerengek minta pulang karena motornya terlalu kecil untuk dinaiki 3 orang yang bedesak-desakan. Dan okelah akhirnya tinggallah kami berenam yang melanjutkan mengambil kitab suci, eh salah, melanjutkan perjalanan ke Pantai Lombang 😀

13.15….
Setelah melewati kerasnya medan dalam perjalanan, melewati tambak garam berhektar-hektar lengkap dengan kincir angin nya serasa kayak di Amsterdam, melewati angin, badai, topan, segala halangan dan rintangan menghadang tak jadi masalah dan tak jadi beban pikiran.. (loh ko malah nyanyi lagu nya kera sakti 😀 ) akhirnya kami sampai , di Alun-alun kota Sumenep, orang daerah sini banyak menyebutnya Taman Bunga, karena memang mirip sebuah taman yang rindang, ada tempat hiburan, odong-odong, dll. Juga banyak sekali PKL yang menjajakan dagangan nya, mirip taman bungkul lah, tp lebih free kemacetan, karena disini memang gk ada macet 😀 . setelah beristirahat sejenak, minum es , dan sedikit ngobrol-ngobrol Tanya-tanya pada sang penjual es, akhirnya kami tau kalo ternyata dari sini masih sekitar 1,5 jam lagi untuk mencapai pantai lombang. Huwiiiiiihh :O

DSCN0402

13.30….
Untuk mempersingkat waktu, kamipun capcuss melanjutkan perantauan ke pantai lombang. Dari sini medan nya agak sedikit terjal karena tak lagi melewati daerah perkotaan, melainkan pedesaan dan sebagian besar merupakan hutan, sawah dan ladang. Hamparan tumbuhan hijau, dan yang agak aneh adalah tanah yang berwarna merah bata kami lewati. Saya juga tidak tahu mengapa tanah didaerah situ warna nya lain daripada yang lain berwarna merah bata. Silahkan bertanya ahli geologi 😀

DSCN0395

15.15…….
Agak molor sedikit dari perkiraan karena sempat nyasar dan bertanya-tanya pada orarng sekitar, namun akhirnya kami pun sampai di Lombang.. ciyeeeeee… selamat yaaa. Hhaha.. pantai mempesona, terbaik se-madura, namun karena pada waktu itu masih dalam tahap sengketa antara pemerintah daerah dan warga sekitar, jadi keindahan nya sedikit berkurang. Hehehe. Tapi tetap tak mengurangi kekaguman dan kebahagiaanku sedikitpun tentang mengunjungi pantai ini yang kedua kali nya .
Oke deh langsung cekidot aja foto-foto nya, saya jamin pasti akan kepengen. Hehehe pantai kuta versi Madura 😀 oiya, tambahan sedikit lagi, disini makanan , minuman , tiket masuk & segala macamnya masih murah. Pada waktu itu, karcis masuk+parkir sepeda motor cuman 4ribu. Yang terdiri dari sepeda motor 2rb dan masing-masing dikenakan 1rb per kepala. Degan atau kelapa hijau pun masih murah sekaleeee.. 1 buah, bullet gede utuh cuman 3rb perak. Klo nambah es+sedikit gula nambah 1rb, nambah susu milk juga nambah 1rb. Jadi total goceng ente uda bisa menikmati es degan asli langsung dr pohon nya lengkap sama susu nya gan. Hhahaha
Oiya ini gk cekidot-cekidot ini klo d terusin. Oke monggo ditingali foto-foto ne.

DSC_0117

DSC_0024

DSC_0103

DSC_0047

perjalanan pulang gak usah diceritain ya gan, capek nih ngetiknyaaaa 😀 keyboardnya mati dihuruf R dan Y + angka 357890.. hmmmmmm
yawda sekian, ini ceritaku, mana ceritamu?

Iklan